Laman

JAMU SESAK NAFAS, ASMA SEMBUH PERMANEN

Kabar gembira, Bagi anda atau saudara/teman anda yang menderita sesak napas,asma, karena merokok atau sebab lain, kini tersedia obatnya, InsyaAllah sembuh, 90 % pasien kami sembuh total, minimal bebas kertegantungan obat. Bagi anda yang ingin mencoba (sample gratis), SMS nama dan alamat , kirim ke 081392593617. Klik Disni

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Minggu, 01 Januari 2012

Wonosobo : Industri Kerajinan Lesu

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Banyaknya potensi wisata di Kabupaten Wonosobo ternyata belum berdampak positif terhadap sektor industri kerajinan. Penjualan kerajinan dalam beberapa tahun terakhir mengalami kelesuan. Hal itu disebabkan minimnya pengembangan wisata yang dilakukan pemerintah. Bahkan beberapa perajin terpaksa gulung tikar dan beralih profesi menjadi buruh demi mencukupi kebutuhan hidup keluarga.
Adi Wibowo (26) warga Jaraksari, Wonosobo mengatakan, banyaknya  jumlah perajin di Wonosobo sebenarnya bisa mendukung sektor wisata. Potensi kerajinan pun sangat beragam mulai dari topeng, manuik-manik,  miniatur hingga kerajinan banbu. Saat ini perajin mengalami kemandegan karena terkendala pemasaran. Adapun kegiatan produksi yang dilakukan baru memenuhi pemesan saja itupun dalam skala terbatas.
Perajin patung itu menjelaskan, para perajin mayoritas belum menguasai teknik pemasaran sehingga belum mampu berproduksi dalam skala besar.  Hal itu berdampak pada minimnya jumlah pendapatan yang diperoleh sehingga kebanyakan perajin berprofesi tidak hanya menjadi perajin melainkan memiliki pekerjaan sampingan. "Saat pasar lesu perajin tidak segan untuk beralih profesi untuk memenuhi kebutuhan keluarga," tuturnya, Jumat (30/12).
Hal sama juga terjadi di sentra perajin mebel di Desa Bojasari, Kecamatan Kertek. Edy Dugiyanto, Sekdes Bojasari, Kecamatan Kertek  mengatakan, industri mebel saat ini sedang lesu. Sebenarnya Wonosobo memliki SDM perajin yang luar biasa dan sanggup bersaing dengan perajin dari Yogyakarta dalam segi kualitas, tapi mereka terkendala pemasaran. Hal itu, kata dia, bisa diatasi dengan pengembangan sektor wisata. Pengembagan itu menyangkut sarana infrastruktur dan fasilitas tambahan wisata yang bisa memikat daya tarik wisatawan.
Setelah banyak wisatawan yang berkunjung, lanjut dia, maka sektor industri kerajinan bisa dipicu untuk mendukung atau melengkapi sektor wisata. "Selama ini, sektor kerajinan dan wisata masih terkesan jalan sendiri-sendiri. Kerajinan mebeler dan sangakar burung di Bojasari sampai saat ini jalan di tempat," ujarnya.
Rokhim (29), perajin kaligrafi mengatakan, harus ada langkah nyata dari semua pihak untuk mensejahterakan perajin.  Menurut warga Desa Semayu, Kecamatan Selomerto itu, munculnya seniman muda berbakat selama ini tidak begitu betah tinggal di Wonosobo karena sulit mencari nafkah dan memilih pergi ke kota besar. "Untuk itu pemerintah harus membantu para perajin baik terkait penambahan ketrampilan, manajemen produksi dan pemasaran sehingga bisa mendatangkan keuntungan bagi perajin," tutur perajin perajin kaligrafi.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cara Mudah, Cepat Dan Tanpa Resiko Membuat Uang Secara Online, Ikutan Gabung yuk !  Klik Disini !
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Baca juga :
 
Bisnis Online Paling Meunguntungkan
Aduh maaak, terima kasih Tuhan, terima kasih webmaster. Saya bisa kuliahkan anak dan membantu biaya berobat ibu saya yg sakit dengan dana ini. Setelah itu saya betul2 percaya bahwa program bisnis ini bener2 bekerja. Sejak itu saya mulai aktif mempromosikan bisnis ini ke siapa saja, lewat email, milis, sms, dll. Sekarang hasilnya sudah lebih dari 500 juta masuk ke rekening bank saya. Sekali lagi terima kasih webmaster program 5 milyar
. Klik Disini

Salam, Bambang Widjatmoko, Surabaya (Kesaksian)